.widget { padding-bottom:30px; margin-left:70px; margin-right:70px; padding-top:0px; }

jangan pernah tinggalkan blog saya dikitkj3.blogspot.com

jangan pernah tinggalkan di blog saya dikitkj3.blogspot.com

Minggu, 30 April 2017

pengertian HRD tugas,pungsi,bagian,staf HRD


 HUMAN RESOURCES DEVELOPMEN

     HRD adalah singkatan dari Human Resources Development. Dalam ilmu terapannya,HRD biasa disebut sebagai “Personalia” atau “Kepegawaian”. HRD dalam manajemen juga biasa disebut dengan “Human Capitol” atau “Human Resources Management”. ... Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia.

Arti lain dari Human Resources Development (Sumber Daya Manusia/SDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia juga dapat diartikan sebagai suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Tugas HRD: adalah mengurus info lowongan kerja kemudian melakukan wawancara kerja terhadap calon pegawai yang sudah melamar dan memilih siapa calon pegawai yang layak untuk direkrut oleh perusahaan. Oleh karena itu sebagai calon pegawai yang sedang melamar. anda harus membuat Contoh CV dengan baik dan benar. Apabila perusahaan yang ingin anda masuki adalah perusahaan multinasional ada baiknya anda membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris agar lebih menarik di mata HRD staff.
·         Tugas HRD:
Tugas seorang HRD bergantung pada ukuran perusahaan, jumlah SDM, dan kebutuhan perusahaan. Namun, yang paling mendasar, HRD bertugas merekrut dan mengembangkan potensi karyawan. Selengkapnya, berikut ini tugas yang dilakukan oleh Departemen HRD:
  • Merekrut karyawan untuk posisi yang dibutuhkan perusahaan.
  • Memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan.
  • Melakukan pengawasan kinerja dari setiap karyawan.
  • Memberikan rekomendasi pengangkatan jabatan dan kompensasi.
  • Distribusi penggajian karyawan
  • Melakukan survei Karyawan dan grading.
  • Mengawasi perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
  • Melakukan pembentukan tim untuk proyek-proyek perusahaan.
  • Pembimbingan dan pemecahan masalah bagi karyawan.
  • Menjaga solidaritas semua karyawan, dll. 
BAGIAN HRD:
      Tugas HRD sendiri dipisahkan oleh jabatan yang diduduki karena HRD sendiri mempunyai kepanjangan yaitu Human Resources of Development, yang mana itu bukan sebuah predikat jabatan melainkan nama sebuah divisi. Jabatan dalam divisi HRD terbagi dalam delapan jenis jabatan yaitu :
  1. Human Resources of Development Manager
    Mengawasi dan selalu mengevaluasi anggaran perusahaan agar terwujudnya anggaran yang efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap setiap sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. Melaksanakan seleksi dan promosi terhadap sumber daya manusia yang dianggap berhak dalam perusahaan. Menjalankan kegiatan pengembangan skill terhadap sumber daya manusia yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Mengemban tanggung jawab atas rekapitulasi absen setiap sumber daya manusia di perusahaan dan perhitungan gaji tunjangan serta bonus.
  2. Human Resources of Development Recruitment
    Tugas HRD recruitment yaitu ikut membantu HRD Manager dalam bidang meng-hire sumber daya manusia. Membentuk prosedur untuk recruitment sumber daya manusia baru. Memasang iklan lamaran dan menyortirnya kemudian melaksanakan test psikologi dan wawancara kerja terhadap sumber daya manusia yang lolos di tahap awal juga adalah salah satu tugas HRD recruitment. Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah sikap dan perilaku si pelamar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila anda tidak mempunyai bayangan wawancara serta psikotes kerja seperti apa, tentunya anda bisa mempelajari contoh wartegg test dan tips wawancara kerja. Menyiapkan kontrak serta perjanjian kerja bersama sumber daya manusia yang akan direkrut oleh perusahaan. Mempunyai tugas untuk menginput data ke sistem agar semua tugas HRD di segala jabatan termudahkan dengan ini. Membuat laporan yang menyangkut rekapitulasi, promosi, dan status karyawan.
  3. General Affair Supervisor
    Mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan kantor dalam rupa peralatan kerja dan sarana prasarana. Menangani hubungan yang berkaitan dengan vendor atau supplier yang dipakain oleh perusahaan. Menyiapkan laporan yang akan dipakai saat rapat anggaran, laporan keuangan dan beban biaya kantor.
  4. Non Material Warehouse Staff
    Mempunyai tanggung jawab atas keluar masuknya barang-barang yang akan dipakai untuk menunjang kegiatan perusahaan. Melakukan kontrol dan pengawasan terhadap barang-barang keperluan kantor.
  5. Compensation and Benefit Supervisor
    Merawat fasilitas perumahan berupa perumahan, kendaraan, telepon, dan komputer sesuai dengan policy. Melakukan payroll dengan memakai data yang sebanr sehingga pembayaran gaji terhadap sumber daya manusia di perusahaan bisa berjalan secara tepat dan benar.
  6. Payroll Staff
    Mengurus proses pengambilan cuti dan tukar shift sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Ikut membantu tugas HRD Administrasi dalam hal pengarsipan.
  7. Welfare Staff
    Membuat laporan dana iuran pensiun, Memeriksa hal-hal yang berkaitan izin sakit karyawan serta memberikan dana pengganti terhadap sumber daya manusia yang sakit setelah ia sudah memberikan resep.
  1. Tugas, Tanggung Jawab dan Peran HRD dalam perusahaan antara lain :

    1. HRD bertugas melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja ( Preparation and               Selection )

    a)      Persiapan ( Preparation )
    Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam hal melakukan persiapan, antara lain factor internal dan factor eksternal. Faktor internal dalam persiapan meliputi jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen terkait, dan sebagainya. Sedangkan factor eksternal dalam hal persiapan meliputi hokum ketenagakerjaan, kondisi pangsa tenaga kerja, dan lain sebagainya.

    b)      Rekruitmen Tenaga Kerja ( Recruitment )
    Recruitment adalah sebuah proses untuk mencari calon pegawai atau karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan SDM organisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini HRD perlu melakukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan ( job description ) dan juga spesifikasi pekerjaan ( job specification ).

    c)      Seleksi Tenaga Kerja ( Selection )
    Pengertian dari seleksi tenaga kerja adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat. Tahapan yang dilakukan dalam proses seleksi tenaga kerja, yaitu melihat daftar riwayat hidup/ CV, melakukan seleksi awal berdasarkan CV pelamar, pemanggilan pelamar untuk tes interview, menguji calon karyawan dengan test tertulis, proses interview/ wawancara kerja, dan proses selanjutnya.

    2. Pengembangan dan Evaluasi Karyawan ( Development and Evaluation )
    Agar tenaga kerja atau karyawan dapat berkontribusi secara maksimal terhadap perusahaan atau organisasi, maka ia harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Proses pengembangan dan evaluasi karyawan dilakukan sebagai sebuah pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya, serta meningkatkan kinerja yang ada.

    3. Pemberian Kompensasi dan Proteksi pada Pegawai
    Kompensasi adalah imbalan atau upah atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Pemberian kompensasi harus tepat dan sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal agar tidak menimbulkan masalah ketenagakerjaan atau kerugian pada organisasi atau perusahaan.
Tugas terpenting kepala HRD adalah :
  • Developing People yaitu pengembangan kemampuan pegawai dalam potensi kerja.

  • Dapat menyelesaikan masalah denngan 4 tahapan yaitu :

1)      Obeservasi
2)      Empati
3)      Berdialog
4)      Intropeksi
  •  Meningkatkan kecerdasan, dimana kepala HRD selain dalam mengembangkan potensi pegawai ia wajib meningkatkan kecerdasan pegawai yang ia miliki.

Dalam HRD, pengembangannya lenih terpaku dalam mengembangkan intangibles dibandingkan tangibles, mengapa demikian?

Training and Development Supervisor
Tugas supervisor tentu memberikan bimbingan, namun di dunia HRD supervisor memiliki devisi sendiri yakni Training dan development, berikut adalah tugasnya :
·         Memberikan training kepada newcomer
Setiap setahun sekali mengadakan seminar yang mempunya tema memberi motivasi kepada karyawan agar seluruh karyawan mempunyai semangat kerja yang positif.
Membuat laporan rekapitulasi dana menyangkut training yang diadakan untuk dikirim ke direksi.
·         Penunjang Tugas HRD
Hal yang diperlukan staff dalam menjalankan tugas HRD adalah kompetensi manajerial yang mampu berkoordinasi terhadap semua divisi di perusahaan. Setelah itu staff HRD pun harus menguasai aspek legal yang ada di negara Indonesia sehingga bisa mengatur hubungan antar karyawan dengan perusahaan karena itu adalah tugas HRD yang paling utama. Namun koordinasi dengan seluruh karyawan adalah komponen utama kesuksesan seorang HRD.
Fungsi HRD :
·         Internal : HRD yang bekerja sebagai trainer terhadap pegawai di dalam perusahaan.

·         Eksternal : Pegawai HRD yang memeilki konseling diluar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingkat kemampuan dan kemauan tinggi maka kemampuan akan mengikuti.

Tugas Staff HRD Sebagai berikut :

  • Melakukan analisa, observasi, perencanaan dan pengambilan keputusan terkait rekruitment, training, personalia dan IT.
  • Membuat Memo internal dan lampirannya yang berisi mengenai aturan kerja dan kebijakan perusahaan.
  • Membuat SOP perusahaan.
  • Mengawasi dan selalu mengevaluasi anggaran perusahaan agar terwujudnya anggaran yang efektif dan efisien serta bertanggung jawab  terhadap setiap pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Membantu Pimpinan / Management dalam menyelesaikan masalah internal dan eksternal yang berhubungan dengan permasalahan maupun Bussines Development.
  • Mencermati kondisi aktivitas karyawan dan perkembangan kualitas kerja karyawan.
  • mengadakan konseling kepada karyawan untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan menjaga hubungan internal.
  • melakukan interview pelamar untuk level Supervisor, Asst Manager, Manager.
  • Menyusun rencana anggaran pengeluaran tahunan HRD.
  • Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap setiap sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan.
  • Melaksanakan seleksi dan promosi terhadap sumber daya manusia yang dianggap berhak dalam perusahaan.
  • Menjalankan kegiatan pengembangan skill terhadap sumber daya manusia yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.
  • Menyusun. mendistribusikan dan memeriksa rekapitulasi evaluasi penilaian kinerja karyawan.
  • Mengadakan Konseling kepada karyawan untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan menjaga hubungan internal.
  • Bertanggung jawab terhadap pengarsipan dokumen administrasi Perusahaan.
  • Mencatat dan membuat rekapitulasi data.
  • Menindaklanjuti proses administrasi keuangan ke bagian Finance.
  • Membuat perencanaan pembelian ATK untuk operasional kantor.
  • Membuat laporan secara periodik terhadap pekerjaannya kepada atasan.
  • Mengurus payroll Gaji karyawan.
  • Membuat Surat Tugas karyawan.
  • Menangani administrasi kepegawaian lainnya.
Seseorang HRD yang dapat dikatakan Baik :
·         I do what you love, love what you do : dimana orang yang berhasil dan dapat dikatakan baik dalam bidang HRDnya apabila ia melakukan pekerjaan atau kegiatan dengan cinta, dan ia mencintai kegiatan atau pekerjaan yang ia lakukan.

·         Gratefull : Tidak mudah menyerah , seseorang berhasil dalam pekerjaan karena ia tidak mudah menyerah dan terus berusahadengan semua masalah dan hambatan yang ada.

·         Healthy Live : bersyukur akan semua yang didapatkan dan selalu menerima apa yang telah ia lakukakan, karena ada pepatah bilang apa yang kamu tanam maka itu yang akan kamu dapatkan.

·         Integritas : orang yang berhasil dalam HRD adalah orang yang dapat berbicara dan dapat menerpakan perkataannya dengan perbuatan, tidak hanya itu ia juga dapat mengontrol pribadinya dengan norma-norma lingkngan yang ada.

·         Social Skill : kemampuan berhubungan dengan orang lain denngan baik dan dapat bergabung dengan berbagai kalangan dan golongan.

·         Dream and Think Big : bermimpi dan berpikir besar dimana setiap orang dapat bermimpi dan meluangkan pemikiran yang besar dan berkembang untuk perusahaan dan organisasi yang mereka naungi.

·         Confidence : kepercayaan diri mampu meningkatkan hasil yang maksimal.

·         On Time : tepat waktu, dengan kamu selalu disiplin untuk tepat waktu secara tidak sadar kamu merhargai dirimu dan orang lain.

·         Open Minded : berpikiran terbuka dan selalu mengikuti semua perubahan positif yang ada.
·         Respect : menghargai, menghormati dan peka akan suatu perubahan yang ada pada lingkungan sekeliling kita.

·         Never Give Up : jangan mudah putus asa.

·         Just Perfom : lakukan semaksimal mungkin dan berikan yang terbaik.




DAN

PUNGSI POWERPOIN
Apa itu Microsoft Powerpoint ? kegunaan ms powerpoint. Pengertian Ms Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana. 
     Hadirnya Powerpoint menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparasi proyektor atau biasa disebut OHP (Over Head Proyector). Dengan adanya Ms Powerpoint, membuat presentasi menjadi sangat mudah karena didukung dengan fitur fitur yang canggih dan menarik. Baca juga
Microsoft powerpoint juga menyediakan template untuk memperindah presentasi anda. Berbagai macam template bisa anda pilih di aplikasi Ms Powerpoint.

contoh template powerpoin

Fungsi Microsoft Powerpoint

Apa fungsi dari microsoft powerpoint?  Kegunaan atau fungsi Ms Powerpoint adalah sebagai berikut.
§  Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
§  Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.
§  Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide 
§  Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer

Sejarah Microsoft Powerpoint

Program Microsoft Powerpoint pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins & Dennis Austin. Pada masa itu Ms Powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian diubah namanya menjadi Powerpoint.

Versi pertama Powerpoint, Powerpoint 1.0 dirilis pada tahun 1087. Saat itu dirilis untuk sistem operasi Apple Macintosh. Powerpoint msih menggunakan warna hitam putih, yang dapat membuat halaman teks & grafik untuk OHP (Overhead Projector). Versi berikutnya muncul setahun kemudian dengan dukungan warna.

Pada 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc dan perangkat lunaknya, Powerpoint, seharga 14 juta dollar. Setelah itu versi Powerpoint 2.0 muncul ke pasaran pada tahun 1990. Sejak saat itu Powerpoint telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam paket Microsoft Office.

Kelebihan Microsoft Powerpoint

Keunggulan dari Ms Powerpoint adalah

§  Mudah dioperasikan
§  Tersedia berbagai macam desain dan animasi
§  Tersedia berbagai macam template menarik
§  Dapat dibuat dengan berbagai format
§  Dapat mengedit foto secara langsung

Kelemahan Microsoft Powerpoint

§  Harganya mahal. (Gratis jika anda menggunakan versi bajakan)
pengertian microsoft powerpoint, keuntungan kelebihan aplikasi software powerpoint, fungsi microsoft power point,  manfaat ms powerpoint, tentang microsoft powerpoint, pengertian ms powerpoint.

-  Karena intangibles adalah aset yang tidak pernah habis dan dpat selalu dikembangkan kapanpun, dimanapun dan bagaimanapun. Dan dalam intangibles juga dapat dilakukan pengembangan secara keseluruhan dari basic hingga kemampuan yang telah handal.

Sumber : 
  • -  Young on Top (Billy Boen, Andy F. Noya)
  • - rainbowgroup06hrd.blogspot.co.id
  • - Young on Top (Billy Boen, Andy F. Noya)
  • www.okupasi.com
  • www.pengertianahli.com
  • - lowongankerjakendari.blogspot.co.id
  • - www.burung-net.com
     DI POSKAN OLEH DIKI WAHYUDI (MINGGU, 30 APRIL 2017)

1 komentar:

  1. PT. Bahana Perkasa Putra melayani jasa Pendirian Perusahaan (PT, CV, PMA), KITAS, KITAP, IMTA, Visa, dan Dokumen perusahaan lainnya dengan harga kompetitif, dan CEPAT.

    Hubungi kami segera:
    Phone: +6221-89977038 / 82636088
    WA: 0813 1755 3989 / 0813 8835 8403
    Email: bahana.bpp@gmail.com
    Palais De Paris, Paris Eiffel Blok G8 No. 8 - 9, Kota Deltamas, Cikarang

    www.bahanaperkasa.com


    BalasHapus