.widget { padding-bottom:30px; margin-left:70px; margin-right:70px; padding-top:0px; }

jangan pernah tinggalkan blog saya dikitkj3.blogspot.com

jangan pernah tinggalkan di blog saya dikitkj3.blogspot.com

Jumat, 12 Mei 2017

sejarahdan penjelasan mouse

sejarahdan penjelasan mouse



Tetikus (bahasa Inggris: mouse) adalah peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputerselain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Mouse merupakan peralatan masukan/inputan selain keybord pada komputer. Mouse adalah alat/ perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula. Di dalam mouse terdapat bola kecil yang jika digerakkan akan menyebabkan sinyal listrik terkirim ke computer sesuai dengan pergerakan mouse.
Douglas engelbart
Mouse ditemukan oleh Douglas Engelbart di Stanford Research Center pada tahun 1963, dan dimotori oleh Xerox pada tahun 1970, mouse menjadi lompatan besar dalam ergonomi komputer karena mouse membebaskan user secara luas dari pemakaian keyboard. Dengan kata lain mouse adalah sangat penting bagi antarmuka GUI (Graphical User Interface) karena anda tinggal mengarahkan pada objek lalu klik tombol mouse atau disebut dengan istilah point-and-click. Mouse juga sangat berguna pada aplikasi grafis yang memungkinkan kita membuat coretan gambar menggunakan mouse layaknya menggunakan pen, pensil, atau kuas.

Mouse merupakan perangkat pengendali pergerakan kursor atau pointer pada layar moniter dengan menggerakkan atau menggesernya pada permukaaan datar. Namun mouse berasal dari bentuk yang unik menyerupai tikus dan kabel yang menghubungkan terlihat seperti ekor tikus. Jika anda menggerakkan mouse, maka pointer pada layar akan bergerak dengan arah yang sama. Pada mouse terdapat paling tidak 1 tombol, umumnya terdapat 2 tombol, ada juga mouse dengan 3 tombol.
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol utama, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Tetikus modern umumnya dilengkapi dengan tombol scroll yang juga dapat ditekan sebagai tombol ketiga. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser, memungkinkan resolusi mencapai 2.000 titik per inci (dpi) hingga 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
pengertian dan fungsi mouse pada komputer.
Tombol – tombol tersebut akan mempunyai  fungsi yang berbeda tergantung pada program aplikasi yang berjalan. Mouse saat ini menyertakan roda penggulung ( scroll wheel ) untuk menggulung dokumen yang panjang tidak seperti dulu yang hanya satu tombol.

·         digeserkan pada permukaan data yang datar.
·         Menginput dan memasukan perintah komputer.
·         Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakarn oda scroll yang ada pada mouse.
·         Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti double klik (membuka file), klik tahan dan geser, klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah).
·         Membuat pekerjaan kita lebih mudah, cepat dan tentunya lebih ringan. Khususnya untuk kita hobi mengedit foto, main game dan kegiatan yang lainnya.
·         Mendeteksi beberapa gerakan 2D atau 3D secara relatif keposisinya yang sekarang.
·         Mengaktifkan tombol suatu perintah dan melakukan suatu eksekusi tertentu pada aplikasi.
·         Digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar kerja.
·         Digunakan untuk pengaturan dan perbesaran tampilan sebuah objek.
·         Digunakan untuk melakukan instruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer.
·         Melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shorchut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2 kali berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi.

     Berikut ini dapat Anda simak beberapa fungsi mouse komputer:
     1.   Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse            komputer (Mouse Pad).
2.      Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
3.      Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click), klik tahan dan geser (drag and drop click), serta klik kanan.
4.      Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.
5.      Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
6.      Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
7.      Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
8.      Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.
     9.   Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemroses.            Dan masih banyak lagi.
1. Klik kanan pada Mouse : Cara penggunaannya adalah cukup menekan tombol kanan pada mouse, kemudian akan muncul menu menu baru berdasarkan aplikasi yang sedang berjalan, misalnya pada Microsoft Word jika ditekan klik kanan akan muncul menu copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dll.

2. Klik kiri pada Mouse : Cara  menggunakan adalah dengan menekan tombol kiri pada mouse, penggunaan ini biasa disebut dengan "klik" saja. Tombol kiri pada mouse digunakan untuk mengkses menu, menandai / memilih pada dialog box, memindahkan kursor saat menulis, memilih objek tertentu dan sebagainya.

3. Scroll pada Mouse : Mouse jenis terbaru selalu dilengkapi dengan tombol scroll, tombol scroll ini berbentuk seperti roda yang berfungsi menggulung (keatas / kebawah) halaman pada layar monitor. Apabila mouse tidak dilengkapi dengan tombol scroll seperti pada touchpad laptop , kita tetap dapat menggulung halaman /layar dengan cara klik scroll bar yang biasa ada pada sebelah kanan suatu program.

4. Drag pada Mouse : Drag ialah menyeret atau memindahkan kursor / pointer ke arah tertentu dan tetap mempertahankan klik kiri tidak terlepas. Ini biasa digunakan untuk memindahkan objek, melakukan blok teks, atau  memilih beberapa objek sekaligus.

5. Double click pada Mouse : Klik ganda atau biasa disebut dengan  istilah double click / dobel klik biasa digunakan untuk membuka / menjalankan suatu program tertentu, misalnya jika klik ganda pada shortcut winamp maka program tersebut akan segera terbuka. Caranya cukup 2 kali klik kiri secara cepat.
  Dilihat dari Jenis-jenis port  mouse, ada 4 macam mouse:

1.   1.   Mouse Serial
     Mouse yang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum. Biasanya mouse ini digunakan pada komputer      Pentium 1 dan Pentium 2.
2.    2.  Mouse PS/2
      Mouse yang digunakan pada komputer Pentium 3 dan Pentium 4.
 
3.   3.   Mouse USB
     Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas. Digunakan pada komputer Pentium 3 dan            Pantium 4.

4.   4.   Mouse Wirelless
      Mouse terbaru tanpa kabel. Kini Mouse Wireless sudah meluas dikalangan masyarakat.

Jenis-jenis Mouse Yang Ada Saat Ini

Sejalan dengan berkembangnya dunia Teknologi Informasi yang sangat cepat, khususnya dunia komputasi, mouse komputer ikut mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hingga saat ini banyak teknologi-teknologi yang disematkan ke dalam mouse, untuk meningkatkan fungsi mouse tersebut. Akhirnya muncul berbagai varian jenis-jenis mouse yang ada saat ini. Dan berikut ada beberapa jenis mouse yang umum ditemukan saat ini:

1. Mechanical Mouse (Mouse Mekanik)


Ilustrasi Komponen Mouse Mekanik

Mechanical Mouse adalah mouse generasi pertama. Maouse ini pertama kali dikenalkan oleh perusahaan perangkat komputer yang berbasis di Jerman, Telefunken, pada tahun 2 Oktober 1968. Mouse ini dikenali dengan menggunakan trackball (mouse bola), sebagai pengganti roda, yang memungkinkan pengguna memindahkan kursor kesegala arah. 

2. Optical Mouse and Laser Mouse (Mouse Optik dan Mouse Laser)


Ilustrasi Optical Mouse LED

Mouse Optik menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) dalam operasinya serta pencitraan array dari sebuah foto dioda agar dapat merekam gerakan di permukaan bidang datar. Jika mouse mekanik menggunakan trackball untuk menggerakan radar penggerak, maka tidak demikian pada Optical Mouse, mouse jenis ini tidak ada komponen dalam sebagai radar penggerak. Sedangkan Mouse Laser merupakan keluarga Optical Mouse yang beroperasi menggunkan koheren cahaya laser. 

3. Gaming Mouse (Mouse Game)


Ilustrasi Gaming Mouse (Mouse Game)

Masih di jenis-jenis mouse, dalam pengertian mouse komputer, adalah gaming mouse. Sesuai dengan namanya, Gaming Mouse ini diperuntukan sebagai mouse bagi para gamer (pencinta game komputer).  Berbagai desain gaming mouse pun telah diciptakan saat ini, tentunya dengan variasi bentuk dan fungsi tambahan yang beragam.Gaming Mouse dari segi bentuknya dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu:
  • Claw Grip Mouse : Gaming Mouse yang dilengkapi dengan sandaran tangan, posisi jari ditekuk.
  • Palm Grip Mouse : Gaming Mouse yang digukan dengan tangan bertumpu pada mouse, posisi jari menjulur memanjang.
  • Finger Tip-Grip Mouse : Seperti namanya, gaming mouse ini digunakan dengan jari (finger), posisi telapak merenggang alias tak menyentuh mouse.

4. Inertial and Gyroscopic Mouse (Mouse Inertial dan Mouse Gyroscopic)



Ilustrasi Air Mouse (Mouse Udara)

Umumnya jenis mouse ini disebut juga 'Air Mouse', dalam bahasa indonesia diartikan sebagai 'mouse udara' atau 'mouse melayang', karena memang saat dioperasikan tidak memerlukan bidang datar sebagai alas. Mouse ini cocok digunakan oleh seorang public speaker yang menggunakan slide presentasi, atau presenter. Jenis mouse ini biasanya tidak menggunakan kabel penghubung (cordless).

5. Tactile Mouse (Mouse Sentuh)



Ilustrasi Tactile Mouse (Mouse Sentuh)

Jenis mouse selanjutnya yaitu Tactile Mouse atau Mouse Sentuh. Dalam mouse jenis ini disematkan semacam aktuator kecil sebagai ditektor yang mampu menciptakan getaran.Kelebihan dari jenis Tactile Mouse yaitu dapat meningkatkan user-interface melalui haptic feedback, semisal memberikan umpan balik (respon) kepada penggunanya saat keluar dari jendela program (window).

6. Ergonomic Mouse (Mouse Ergonomis)


Ilustrasi Ergonomic Mouse (Mouse Ergonamis)

Yang terakhir dari jenis mouse komputer, dalam pengertian mouse komputer yaituErgonomic Mouse. Terciptanya jenis ini pada dasarnya bertujuan agar memberikan kenyamaan saat pengguna mengoperasikan mouse, karena kenyamanan tersebut tidak didapatkan saat menggunakan mouse kebanyakan. Selain itu Mouse Ergonamik juga diciptakan untuk menghindari terjadinya cedera seperti arthritis, carpal tunnel syndrome, serta cedera regangan lainnya. Oleh karenanya bentuk Ergonomic Mouse ini dirancang agar senyaman mungkin saat digunakan, dan memperhatikan dengan detail sandaran tangan, posisi tangan, jangkauan tombol dan lainnya.

Nah, demikianlah pembahasan tentang pengertian mouse komputer. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, serta dapat memenuhi dahaga keingin tahuan Anda. Jangan ragu untuk men-share informasi tersebut, jika sekiranya penting untuk diketahui orang banyak. Baca juga informasi-informasi lainnya di blog ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya. Terimakasi telah mampir dan membaca artikel Pengertian Mouse Komputer | Fungsi | Jenis-Jenis Mouse Komputer.

Itulah pengertian dan fungsi mouse pada komputer serta banyak operasi dasar mouse. Berdasarkan portnya, mouse juga dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Mouse Wireless (nirkabel) Mouse USB, Mouse PS/2, dan Mouse Serial. Untuk mouse jenis Serial dan Mouse PS/2 mungkin saat ini sudah jarang digunakan. dan Mouse USB lah yang paling banyak digunakan saat ini karena menggunakan port USB dan pastinya lebih efisien.
dan

penyedia aplikasi browser

Mungkin sebagian dari rekan-rekan yang masih agak awam dengan jelajah internet masih berpersepsi bahwa browser adalah Internet Explorer, yang sekarang sudah mulai merilis versi kedelapan meskipun masih beta. Ternyata ada banyak sekali browser yang dapat rekan-rekan gunakan sebagai jendela untuk mengakses informasi dari dunia maya.
Mungkin saja anda memakai satu jenis web browser saja sejak mengenal internet, dan ketika dihadapkan komputer lain (diwarnet misalnya), dengan komputer dengan sistem operasi linux yang default web browsernya rubah api(firefox), anda sedikit canggung memakainya dan meminta memilih memakai web browser dengan logo huruf ‘e’kecil berwarna biru.
Namun sesungguhnya kegunaan webbrowser adalah sama.
web browser is a software application for retrieving, presenting, and traversing information resources on the World Wide Web. An information resource is identified by a Uniform Resource Identifier (URI) and may be a web page, image, video, or other piece of content.   – wikipedia
di internet banyak betebaran macam-macam  web browser dengan beberapa kelebihan dan kekurangan, dengan mencobanya satu persatu, lalu berganti memakai web browser jenis lain secara berkala anda dapat mengenali behaviournya masing-masing.
dan apa saja macam-macam web browser tersebut, ini dia list yang berhasil kami rangkum:
  • Mozilla Firefox – link
dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun denganGecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
  • Internet Exporer – link
Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IEmulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.
Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.

Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus testAcid3
Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0
Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
  • K-Meleon – link
K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah  Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.
  • SeaMonkey – link
SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.

Camino, Mozilla Power Mac Style.
Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.
Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac
  • Konqueror – link
Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
  1. FTP and SFTP/SSH browser
  2. SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
  3. HTTP browser
  4. IMAP mail client
  5. ISO (cd image) viewer
  6. VNC viewer
Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.
Masih banyak web browser yang terdapat di internet, kembali kepada anda untuk  mengunakan browsing internet sehari-hari dan install Add-ons atau Widgetnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat berselancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar